Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

Ma'ruf Amin: Ada Upaya Hulunisasi Peran Ulama di Indonesia

Calon Wakil Presiden (Calon wakil presiden) nomer urut 01 KH Ma'ruf Amin menjelaskan, peranan ulama penting. Bukan sekedar mengatur masalah keagamaan, tapi pun berbangsa serta bernegara.

Memang, tuturnya, ada kemauan dari ulama supaya tidak masuk ke struktural pemerintahan. Tetapi, ini cuma akan memarjinalkan peranan ulama di Indonesia.

Baca juga : Jurusan di UNNES

"Kita beberapa ulama pun miliki tanggung jawab berkebangsaan dalam menanggapi masalah kenegaraan, serta masalah keagamaan di tanah air," kata Ma'ruf, waktu deklarasi jihad 10 ribu kiai junjung Jokowi-Ma'ruf, barusan pagi.

Indonesia sekarang ini, kata Ma'ruf, tengah melawan permasalahan berkebangsaan serta kenegaraan mengenai basic negara. Ada yang membenturkan Islam dengan Pancasila.

"Pancasila menjadi persetujuan semua bangsa ini, saat ini muncul untuk dibenturkan kembali pada Islam dengan Pancasila. Pada Islam serta Pancasila tidak ada permasalahan, sebab telah final," tuturnya.

Bukan sekedar itu, sekarang ini juga mulai muncul kelompok-kelompok yang ingin bangsa Indonesia terpecah iris, sama-sama membenci serta memusuhi sesamanya.

"Ini permasalahan yang mesti kita tuntaskan di pertemuan ulama ini. Ini pekerjaan kita, ulama munas namanya, bukan ulama monas. Ini jika kita tidak kita tuntaskan akan memprovokasi selalu," papar Ma'ruf.

Menurut dia, disini peranan ulama jadi penting. Tetapi, hal tersebut cuma dapat dikerjakan bila ulama masuk ke skema, serta turut ikut serta aktif sejak dari awal.

"Jadi ada usaha hulunisasi peranan ulama. Janganlah ulama peranannya cuma dihilir saja. Sampai kini, ulama tetap berada di hilir saja, jika ada apa-apa baru ulama dibutuhkan, seperti daun salam saja," sambung Maruf.

Baca juga : Jurusan di UNDIP

Daun salam, Maruf menganalogikan, biasa dipakai menjadi pengharum makanan. Peranannya penting. Tetapi, sesudah makanan itu masak serta akan dikonsumsi, yang pertama-tama dibuang daun salamnya.

"Makamya dahulu ada yang katakan ulama seperti daun salam, jika ingin masak gunakan daun salam agar wangi. Tapi sesudah masakannya masak, yang pertama dibuang daun salamnya," pungkas Maruf.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Ma'ruf Amin: Ada Upaya Hulunisasi Peran Ulama di Indonesia
      Komentar(0)