Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

Bawaslu Bakal Patroli di Masa Tenang untuk Cegah Serangan Fajar

Komisioner Tubuh Pengawas Pemilu (Bawaslu), Ratna Dewi Pettalolo mengatakan, pihaknya lakukan mencegah terdapatnya serangan fajar atau politik uang waktu waktu tenang, dengan terjun langsung lakukan patroli pengawasan.

"Salah satunya yang kelak akan dikerjakan, seperti yang telah kami kerjakan pada pemilihan kepala daerah serentak 2018 yakni lakukan patroli pengawasan di hari tenang. Kita cemaskan.kuatirkan pada tiga hari tenang itu digunakan untuk lakukan usaha pembujukan pada pemilih dengan memberi uang atau barang yang lain," kata Ratna Dewi, Sabtu (10/3/2019).

Baca juga : Jurusan di UNILA

Menurut Ratna, politik uang umumnya berlangsung waktu masuk minggu tenang, pada Pemilu 2019 ini jatuh pada 14-16 April. Pencoblosan berjalan pada 17 April. Berdasar pada pengalaman pemilu, sambungnya, ada dua jenis politik uang.

"Namanya prabayar serta pascabayar. Jika prabayar ini politik uang yang dikerjakan sebelum pemilih ke arah TPS. Ini pasti akan kita kerjakan usaha mencegah," tuturnya.

Sedang, untuk politik uang pascabayar dikerjakan sesudah pencoblosan di mana pemilih umumnya membawa alat untuk merekam pencoblosan menjadi bukti yang akan diganti dengan uang.

Semua deretan Bawaslu, sambungnya, akan turun ke lapangan terpenting pengawas TPS yang telah dibuat, dengan pastikan jika tidak ada jual beli C6. Menurut dia, C6 ini jadi salah satunya alat yang masih tetap jadikan alat ganti dalam politik uang.

Baca juga : Jurusan di UNIB

Subyek atau aktor yang dapat dipakai sangsi dalam lakukan politik uang itu menurut Ratna Dewi tidak hanya terbatas pada peserta, atau team kampanye serta pelaksana.

"Dapat dipakai pada siapapun yang lakukan poltik uang. Jadi subjeknya jadi luas. hingga akan mempermudah kita lakukan pengusutan bila dapat dibuktikan ada momen politik uang," tegasnya.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Bawaslu Bakal Patroli di Masa Tenang untuk Cegah Serangan Fajar
      Komentar(0)