Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

BPS Paparkan Penyumbang Terbesar Inflasi Desember 2018

Kepala Tubuh Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengungkapkan, faktor-faktor yang memberi inflasi pada Desember 2018 sampai ada di level 0,62%. Kenaikan harga bahan makanan jadi pendorong paling besar sampai 1,45% dengan terlibat 0,29%.

Baca juga : Biaya Kuliah IPB - Pendaftaran IPB

Bidang selanjutnya yang berandil besar ialah transportasi, komunikasi, serta layanan keuangan yang angka inflasinya 1,28% serta andilnya 0,24%. "Bahan makanan yang berandil dalam inflasi Desember, diantaranya telur ayam ras dengan angka 0,09%, daging ayam ras dengan angka 0,07 persen, bawang merah 0,05% serta beras 0,03%," tuturnya di Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Selanjutnya, Dia mengutarakan kenaikan harga telur telah terpantau semenjak awal Desember, sesaat harga daging ayam ras alami kenaikan sebab terdapatnya keperluan persiapan Natal. "Ini sebab melonjaknya keinginan waktu natal jdi ayam ras harga daging ayam ikut naik, mengenai cabai merah memberi deflasi sebesar 0,03%," jelas ia.

Bukan sekedar itu, pada bidang transportasi, komunikasi, serta layanan keuangan, tarif angkutan hawa jadi penyumbang inflasi paling besar dengan angka 0,19%. Masalahnya kenaikan tarif angkutan hawa memang sering berlangsung mendekati momen-momen spesifik seperti Ramadan, Lebaran, Natal, serta Tahun Baru.

Baca juga : Biaya Kuliah ITB - Pendaftaran ITB

"Terpenting di Indonesia Timur yang harga nya membumbung, Tidak hanya angkutan hawa, inflasi ikut disumbang oleh tarif kereta api dengan angka 0,03% serta angkutan kota 0,01%, pungkasnya.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    BPS Paparkan Penyumbang Terbesar Inflasi Desember 2018
      Komentar(0)