Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

Ekonom Pede Kenaikan UMP Kerek Pertumbuhan Ekonomi

Pengamat Ekonomi dari Center of Reform on Economis (CORE) Indonesia Mohammad Faisal memandang, kenaikan Gaji Minimal Propinsi (UMP) yang sudah diputuskan daerah dapat tingkatkan perkembangan ekonomi Indonesia. Karena, penambahan gaji rill akan tingkatkan daya beli serta mengkonsumsi rumah tangga

Baca juga: Jurusan di UNS

"Tingkat gaji akan memengaruhi perkembangan ekonomi setidaknya lewat dua langkah, yaitu dari daya beli serta daya saing industri. Penambahan gaji riil akan tingkatkan daya beli serta mengkonsumsi rumah tangga," tutur Faisal waktu dihubungi SINDOnews di Jakarta, Jumat (2/11/2018).

Selanjutnya Dia mengutarakan, bila penambahan gaji riil tidak dibarengi dengan penambahan produktivitas tenaga kerja serta perkembangan sektor-sektor ekonomi akan punya potensi kurangi daya saing.

"Permasalahannya, pertama, tingkat perkembangan ekonomi serta inflasi di semasing daerah berlainan, ada yang tinggi ada rendah. Perihal ini menyebabkan ketidaksamaan potensi menerapkan UMP pada daerah satu dengan daerah yang lain. Dengan begitu, UMP seharusnya ikut beragam, sesuai perkembangan ekonomi serta inflasi semasing daerah," tuturnya.

Baca juga: Jurusan di UIN SUKA

Menjadi infromasi, Pemerintah Propinsi (Pemprov) DKI Jakarta sah mengambil keputusan Gaji Minimal Propinsi (UMP) 2019 sebesar Rp3.940.973,096. Ketetapan itu tertuang dalam Ketentuan Gubernur Propinsi DKI Jakarta Nomer 114 Tahun 2018 mengenai Gaji Minimal Propinsi Tahun 2019. Sekretaris Daerah (Sekda) Prmprov DKI Jakarta, Saefullah menuturkan, kenaikan itu sesuai dengan ketetapan Ketentuan Menteri Tenaga Kerja serta Transmigrasi Nomer 7/2013 mengenai Gaji Minimal, serta diumumkan dengan serentak tiap-tiap tanggal 1 November.

Saefullah menjelaskan, Pemprov DKI ikut memberi kebijaksanaan pemberian subsidi pada beberapa pekerja. Kebijaksanaan ditetapkan mempunyai tujuan untuk tingkatkan kesejahteraan pekerja di Ibu Kota Jakarta, berbentuk pelebaran faedah Kartu Pekerja.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Ekonom Pede Kenaikan UMP Kerek Pertumbuhan Ekonomi
      Komentar(0)