Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

UMK Yogyakarta Rp1,8 Juta, Gunungkidul Rp1,5 Juta

Gaji minimal propinsi (UMP) serta gaji minimal kabupaten (UMK) untuk lima kabupaten di Daerah Spesial Yogyakarta (DIY) sudah disetujui. UMP DIY tahun 2019 sebesar Rp1,570 juta.

Sedang UMK Kota Yogyakarta sebesar Rp1,846 juta, Kabupaten Sleman Rp1,701 juta; Kabupaten Bantul Rp1,649 juta; Kabupaten Kulonprogo Rp1,613 juta serta paling rendah Kabupaten Gunungkidul sebesar Rp1,572 juta.

Baca juga: Akreditasi Prodi USAKTI

Sekretaris Aliansi Buruh Yogyakarta (ABY), Kirnadi menyebutkan perhitungan UMP atau UMK di DIY bila mendasarkan PP mengenai pengupahan sangat rendah. Gaji itu tidak cukuplah untuk penuhi keperluan hidup wajar buruh. Sesuai dengan hasil survey KHL yang dikerjakan oleh DPD KSPSI, gaji buruh di DIY baiknya sebsar Rp2,9 juta.

Kepala Dinas Tenaga Kerja serta Transmigrasi (Disnakertrans) DIY Andung Prihadi menyebutkan UMP akan diputuskan pada 1 November kelak, sedang untuk UMK pada 2 atau 3 November 2018. “UMP serta UMK ini nanti akan laku pada 1 Januari 2019,” katanya pada wartawan di Bangsal Kepatihan, Yogyakarta, Senin (29/10/2018).

Menurut Andung, dalam aplikasi ini ada banyak hal yang jadi catatan yang akan digunakan untuk pengaturan UMK 2020 yang akan datang. Diantaranya referensi dalam pengaturan Keperluan Hidup Wajar (KHL), terutamanya elemen non pangan supaya lebih dinamis.

“Selama ini elemen ini terendah di Indonesia. Hingga memerlukan rekonsilasi dengan keadaan kenyataan di market,” tuturnya.

Untuk itu Disnakertrans DIY dengan kabupaten/kota akan membuat rumusan untuk pendekatan yang lebih dinamis sesuaikan harga elemen yang ada. Hingga dalam perhitungan variable non KHL semakin lebih sama dengan pilihan harga yang lebih logis.

Baca juga: Akreditasi Prodi UPH

“Contohnya untuk sarung bantal, harga yang dipastikan janganlah memakai harga yang sangat murah sama dengan karung goni. Akan tetapi mesti yang lebih baik dengan keadaan di market. Jika itu diakui, harapannya hubungan kemiskinan dapat didesak,” tuturnya.

Di DIY sendiri, perhitungan gaji masih memakai pendekatan tripartite. Menyertakan buruh, pemerintah serta entrepreneur. Akan tetapi hasil survey yang ada besarnya berlainan.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    UMK Yogyakarta Rp1,8 Juta, Gunungkidul Rp1,5 Juta
      Komentar(0)