Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

Gunungkidul Menyimpan Potensi Ekonomi Kreatif yang Besar

Hidden paradise alias keindahan yang tersembunyi. Demikian julukan yang disemat pada Kabupaten Gunungkidul di Daerah Spesial Yogyakarta. Julukan itu sebab Gunungkidul mempunyai banyak pesona wisata yang mengagumkan, sebutlah saja Pantai Baron, Pantai Krakal, Pantai Ngobaran serta Goa Pindul. Ikut beberapa pantai yang masih tetap asri serta sepi dari wisatawan seperti Pantai Ngerenehan, Pantai Slili, Pantai Gesing, Pantai Ngandong, Pantai Sadeng, Pantai Nguyahan serta Pantai Kesirat.

Baca juga: Jurusan di UKSW

Pesona wisata Gunungkidul membuat lokasi ini disebutkan menjadi "the next Bali". Ekonom Cyrillus Harinowo menyebutkan panggilan Gunungkidul menjadi the next Bali bukan perihal yang dibuat-buat.

Salah satunya indikatornya, kata Komisaris BCA asal Yogyakarta itu, ialah retribusi daerah wisata tahun 2017 yang sampai hampir Rp30 miliar. Retribusi jadi data statistik wisatawan yang begitu sahih serta jadi sumber peningkatan selanjutnya tujuan wisata Gunungkidul.

Tidak hanya pariwisata, daerah ini menaruh kekuatan ekonomi kreatif yang besar dari kesenian serta budaya. Tokoh penduduk Gunungkidul Sunaryanta menjelaskan kekuatan musik serta budaya lokal selalu di kembangkan sesuai dengan peningkatan wisata di daerah ini.

Kekuatan musik serta budaya itu diantaranya ada orkes keroncong Bunga Nirwana yang semua datang dari pemuda, ikut Kidung Etnosia, satu orchestra desa yang umumnya anggotanya adalah alumnus Institut Seni Indonesia (ISI).

Baca juga: Jurusan di PNB

Kidung Etnosia serta keroncong Bunga Nirwana sering tunjukkan kekayaan seni budaya Jawa, yang tampilkan tarian Jawa yang disertai dengan musik dolanan, mentok-mentok, jaranan serta gundul-gundul pacul. Bahkan juga pada Sabtu (13/10) tempo hari, Kidung Etnosia tampil memikat dalam konser amal solidaritas penduduk Gunungkidul untuk korban musibah gempa serta tsunami di Palu serta Donggala.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Gunungkidul Menyimpan Potensi Ekonomi Kreatif yang Besar
      Komentar(0)