Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

Jangan Hanya Andalkan Pajak PKB-BBNKB, PAD Nonpajak Harus Dimaksimalkan

Penerimaan daerah Jawa Tengah paling besar sampai sekarang masih tetap memercayakan pada bidang pajak, terutamanya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) serta Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB). Kelompok legislatif memandang, bidang itu tidak dapat dihandalkan terus-terusan. Masalahnya produsen atau pemegang merk dagang kendaraan bermotor di Indonesia ialah negara asing alias import.

Baca juga: Akreditasi Prodi ITB

Oleh karenanya, anggota Komisi C DPRD Jateng, Muhammad Rodhi menggerakkan supaya Penghasilan Asli Daerah (PAD) Jawa Tengah yang bersumber serta diambil sendiri oleh pemerintah daerah (pemda) mesti dioptimalkan, terutamanya di bidang nonpajak.

"Sampai sekarang PAD masih tetap memercayakan pajak kendaraan bermotor (PKB). Sesaat kita tidak selama-lamanya dapat memercayakan dari bidang itu," tandas Rodhi dalam Diskusi Prime Topic MNC Trijaya FM Semarang bertopik PAD nonpajak di Hotel Harris Sentraland Semarang, Jawa Tengah, Selasa (9/10/2018).

Serta menurutnya, tunggakan untuk pajak kendaraan bermotor ikut cukuplah banyak yaitu sebesar Rp7 miliar sampai Rp8 miliar.

Ia menuturkan, pemerintah semestinya mulai lebih serius mengerjakan PAD dari bidang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Berdasarkan Undang-undang nomer 20 tahun 1997 mengenai PNBP mengatakan jika bidang ini dapat datang dari penerimaan yang bersumber dari pengendalian dana pemerintah, dari pemakaian sumber daya alam serta ada banyak yang lain.

Baca juga: Akreditasi Prodi ATMI

"Pada dasarnya PAD non pajak bisa diambil dari retribusi daerah, hasil pengendalian kekayaan daerah yang dipisahkan, dan sebagainya PAD yang resmi," tuturnya.

Rodhi mengatakan, jika bertopang pada pajak kendaraan, penduduk tidak terus-terusan mempersiapkan infrastruktur untuk kendaraan. "Infrastruktur untuk kendaraan di 2017 menelan Rp2,5 triliun. Walau sebenarnya kita mesti turunkan. Hingga kita berusaha untuk mencapai PAD dari bidang lainnya. Seperti pemakaian asset daerah yang kita punya, ada tanah, gedung, tapi belumlah dioptimalkan," ujarnya.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Jangan Hanya Andalkan Pajak PKB-BBNKB, PAD Nonpajak Harus Dimaksimalkan
      Komentar(0)