Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

Peserta Sebut Soal Ujian KSM 2018 Mirip Olimpiade Nasional

Di hari ke-2 pelaksanaan Pertandingan Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional 2018 diselenggarakan beberapa agenda. Diantaranya ialah ujian sains dengan memakai Tes Berbasiskan Computer atau Computer Based Test (CBT).

Ada banyak mata pelajaran yang diujikan dalam CBT ini. Salah satunya untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah ada Matematika Terintegrasi, Sains IPA terintegrasi, untuk Madrasah Tsanawiyah ada Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu serta IPS Terpadu. Sesaat untuk tingkat MA ada Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Ekonomi, serta Geografi terintegrasi.

Baca juga: Biaya Kuliah UMS

CBT ini diselenggarakan di sejumlah madrasah yang tempatnya tidak sangat jauh dari Asrama Haji Bengkulu yang adalah tempat utama pelaksanaan KSM 2018. Salah satunya ialah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bengkulu, MAN 1 Jenis Bengkulu, serta MTs Negeri 1 Bengkulu.

Pantauan kami di tiga madrasah itu, pelaksanaan CBT berjalan tiada kendala. Beberapa ratus siswa terlihat demikian ketertarikan ikuti ujian yang berjalan saat 90 menit per semasing mata pelajaran.

Akan tetapi demikian, rupanya buat siswa, soal-soal yang diujikan dalam CBT ini nyatanya tidak seperti yang mereka bayangkan. Buat mereka, pertanyaan yang diujikan dalam computer cukup susah.

Diantaranya seperti yang diutarakan peserta bagian Kimia asal MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah Masa Sabheta Sari. Menurut Masa, soal-soal yang ditanyakan dalam ujian CBT ini lebih susah dari yang ia sangka.

"Soal-soalnya wow, cukup susah," tutur Masa waktu didapati selesai ikuti CBT di MAN 2 Bengkulu, Rabu (26/9/2018).

Menurut dia, untuk jumlahnya masalah pada pelajaran Kimia sebetulnya tidak banyak cuma sejumlah 25 masalah. Akan tetapi demikian, soal-soal yang diberikan memerlukan waktu lebih lama untuk menyelesaikannya.

"Masalah sebetulnya hanya 25, tetapi banyak hitung-hitungannya. Menjadi perlu waktu lebih lama," kata siswa 17 tahun yang sekarang duduk di bangku kelas XII itu.

Perihal sama juga diutarakan Khatsnatul Aulia yang juga siswi asal MAN IC Bengkulu Tengah. Ia yang ikuti ujian bagian biologi juga mengaku bila soal-soal yang diberikan dalam CBT ini memang seperti level Olimpiade Tingkat Nasional.

Baca juga: Biaya Kuliah IT TELKOM

Walau demikian, kedua-duanya optimis bisa jadi juara dalam KSM 2018 ini. "Kami optimistis dapat juara," kata kedua-duanya sambil melemparkan senyum sumringah.

Tidak hanya Masa serta Aulia, pernyataan sama juga diutarakan oleh Sheyla Berlianti. Siswa SMAN 1 Pangkalan Bun Kalimantan Tengah yang ikuti CBT bagian Biologi ini mengakui bila soal-soal yang dikasihkan memang perlu usaha keras untuk menjawabnya.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Peserta Sebut Soal Ujian KSM 2018 Mirip Olimpiade Nasional
      Komentar(0)