Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

Jet Tempur Terbaru Iran Sebenarnya F-5 AS yang Usang

Iran sudah mengenalkan pesawat jet tempur terbarunya buatan dalam negeri, Kowsar, pada Selasa kemarin. Akan tetapi, beberapa pakar militer menyampaikan, pesawat tempur yang diklaim mutakhir oleh Teheran itu sebetulnya ialah Northrop F-5F yang dibikin Amerika Serikat (AS) pada awal tahun 1970-an.

Dalam peluncurannya, Presiden Iran Hassan Rouhani duduk di kokpit jet tempur Kowsar pada 21 Agustus 2018 kemarin. Sesudah diklaim produk dalam negeri Iran, beberapa pakar militer menanyakan kebenaran dari klaim itu.

Baca juga: Biaya Kuliah UNRAM - Biaya UKT UNRAM

Media Teheran dalam laporannya menyampaikan, Kowsar adalah jet tempur generasi ke empat yang sudah didesain serta di produksi sendiri oleh beberapa pakar militer Iran.

Beberapa pakar militer serta penerbangan internasional menyangsikan bila Kowsar adalah tehnologi asli Iran. Mereka yakini, Kowsar ialah jet F-5F buatan AS yang telah kedaluwarsa. Lebih, sempat beli F-5 dari Amerika pada tahun 1974, lima tahun sebelum Revolusi Islam Iran pecah.

Joseph Dempsey, seseorang periset yang juga analisa militer serta pertahanan di International Institute for Strategic Studies (IISS), mengilustrasikan perbandingan Kowsar dengan F-5 yang dia berikan di Twitter.

"Kowsar, jet tempur pribumi Iran, prototipe 3-7400 (2018). Northrop F-5F Tiger II, prototipe 00889 (1974)," catat Dempsey
lewat account @JosephHDempsey dalam mengilustrasikan gambar perbandingan itu, yang diambil Kamis (23/8/2018).

Bicara pada CNBC lewat telephone hari Rabu, rekanan Dempsey untuk kedirgantaraan militer di IISS, Douglas Barrie, sepakat jika pesawat yang diresmikan oleh Iran nampaknya ialah F-5 dengan dua tempat duduk.

Barrie menyampaikan ide jika pesawat itu ialah ciptaan pribumi mesti direspons dengan "a massive pinch of salt". Akan tetapi, dia menyangka ada unsur kebenaran untuk pembuatan beberapa feature baru dalam pesawat tempur itu.

"Beberapa orang Iran mungkin mempunyai kemampuan industri untuk setidaknya membuat rakitan untuk pesawat ini. Mereka jelas sudah dapat membuat potongan-potongan untuk beberapa hal ini," tuturnya.

Baca juga: Biaya Kuliah UNIPA - Biaya UKT UNIPA

Menurut Barrie, insinyur Iran mungkin saja sudah tingkatkan skema kontrol elektronik pesawat, tapi itu akan susah dapat dibuktikan mengingat jika detail asli datang dari sejak dahulu seperti masa tahun 1960-an.

John Sneller, kepala penerbangan di konsultan pertahanan Jane IHS Markit, juga mengidentifikasi pesawat itu menjadi F-5F dengan dua tempat duduk. Bicara pada CNBC lewat telephone hari Rabu, Sneller menyampaikan jika pesawat yang dipertunjukkan dalam gambar yang launching oleh Iran mempunyai bagian design yang jelas dari pesawat buatan AS.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Jet Tempur Terbaru Iran Sebenarnya F-5 AS yang Usang
      Komentar(0)