Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

UI klaim tak diskriminasi mahasiswa disabilitas

Kampus Indonesia (UI) jamin tidak batasi atau lakukan diskriminasi buat mahasiswa atau calon mahasiswa penyandang disabilitas.

Baca juga: Biaya Kuliah UNDIKSHA - Biaya UKT UNDIKSHA

Pengakuan itu disebutkan oleh Rektor UI Muhammad Anis. Menurut dia, memang kebijakan itu masih sesuai pada program studi (prodi) yang ada.

Anis mengklaim, UI telah memiliki lulusan arsitek tuna rungu dengan nilai cumlaude. Ada juga mahasiswa yang tuna netra tapi masih berprestasi.

"Bergantung prodinya, untuk ketentuannya telah direvisi. Terkecuali prodi spesifik tidak diijinkan. Contohnya buta warna, kelak kedokteran tidak dapat memperbedakan darah atau obat," kata Anis pada wartawan di Universitas UI, Depok, Kamis 27 Maret 2014.

Anis memberikan, sebetulnya kepedulian harus juga dikerjakan pemerintah, tidak dapat cuma diakomodir perguruan tinggi semasing. Ditambah lagi bila jurusan itu memang sesuai dengan keperluan profesi.

"Ada kesalahan dikit tetapi dibombastis. Memang itu tuntutan profesi, dengan praktek dari jaman dahulu kita terima, tidak ada permasalahan. Salah dikit kan di negara kita dibombastis. Data itu kan dari fakultas, daya tampung tuntutan profesi datanya berada di prodi, tidak dapat dari UI," papar Anis.

Baca juga: Biaya Kuliah UNAND - Biaya UKT UNAND

Pihak UI sudah sempat mengalihkan mahasiswa buta warna masuk jurusan pengetahuan kimia. Akan tetapi karena pada akhirnya tidak mampu, karena itu pihak universitas mengakomodir ke jurusan lainnya.

"Utamanya everyone free, saat tidak ada tuntutan profesi. Contohnya kimia apoteker, jika tidak diberitakan kan kasihan, dahulu ada mahasiswa yang buta warna coba masuk kimia, pada akhirnya dipindahin. Kalau ada yang demikian, masih kita akomodir, tetapi kita lihat daya tampungnya," tutupnya.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    UI klaim tak diskriminasi mahasiswa disabilitas
      Komentar(0)