Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

Unair masuk 200 terbaik kampus di Asia


Alumni, mahasiswa serta civitas akademika Kampus Airlangga (Unair) pantas berbangga. Universitas negeri paling tua di Jawa timur ini masuk deretan 200 terunggul Asia vs Quacquarelli Symonds World University Rankings (QSWUR).

Sesuai dengan data yang ada, Unair ada di rangking 127, selisih dua tingkat dengan Institut Tehnologi Bandung (ITB) yang menempati rangking ke 125 Asia.

Baca juga: Akreditasi Prodi ISI SOLO

Sedang Kampus Indonesia (UI) jadi hanya satu wakil Indonesia yang masuk 100 besar Asia dengan menempati rangking 71.

Universitas yang lain yang masuk 200 besar Asia, Kampus Gajahmada (UGM) Yogjakarta yang ada di tempat 195.

Dari bagian posisi taraf nasional, UI ada pada posisi pertama, disusul ITB, Unair serta UGM. Tempat UGM ini turun satu tingkat digeser Unair.

Tahun 2013 lantas, Unair ada di rangking 145 Asia atau nomer empat di Indonesia. Sesaat nomer tiga dihuni UGM.

Kepala Pusat Info serta Humas Unair, Bagus Ani Putra, menyongsong senang rangking itu. Rangking yang lebih baik dari tahun awal mulanya.

Menurutnya, terdapat beberapa tanda penilaian QSWUR. Salah satunya, indeks sitasi publikasi ilmiah, reputasi akademik, alumni, mahasiswa fakultas, paper per fakultas, sitasi per paper, serta kerja sama internasional yang mencakup kehadiran dosen/mahasiswa asing ke, jumlahnya mahasiswa asing yang kuliah dan exchange mahasiswa.

Indeks yang ada dinilai langsung instansi perangking yang lakukan survey ke pihak external. Bagus menilainya idelanya jumlahnya mahasiswa asing di instansi pendidikannya cukuplah menolong penilaian, bahkan juga jadi nilai plus.

Baca juga: Akreditasi Prodi POLINES

Penilaian ini, kata Bagus, akan memantabkan kemauan untuk selalu berkembang serta tingkatkan kualitas instansi pendidikan. Kualitas perkuliahan, SDM dan lain-lain akan kami naikkan,” imbuhnya.

Juga bagus berbangga karena Unair ada di rangking pertama berkaitan indeks sitasi publikasi ilmiah. Indeks sitasi publikasi ilmiah unair sampai 100. Berarti, hasil riset Unair banyak jadikan referensi ilmuwan internasional.

Prestasi Unair ini mengungguli Tokyo Medical and Dental University (99,9) serta National University of Singapore (99,8).

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Unair masuk 200 terbaik kampus di Asia
      Komentar(0)