Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

39.507 Peserta Bersaing di Ujian Simak UI

Seleksi Masuk Kampus Indonesia (Baca UI) kembali dikerjakan serentak di 17 kota di Indonesia. Ujian diselenggarakan semenjak jam 07.00-14.30 WIB. Baca UI 2014 dibarengi 39.507 peserta yang terdiri atas peserta ujian program pendidikan S1, S2, profesi, spesialis, serta S3.

Baca juga: Akreditasi Prodi UI

Beberapa siswa SMA/sederajat akan berkompetisi merebutkan kurang lebih 3.829 bangku untuk program pendidikan vokasi, sarjana reguler, serta paralel. Sama dengan tahun 2013, tahun ini, beberapa mahasiswa yang di terima di UI pada program S1 reguler dibebaskan dari uang pangkal (UP).

Rektor UI Muhammad Anis menyampaikan, pembebasan UP buat mahasiswa S1 reguler bisa saja, karena kebijakan UI untuk membagikan beban cost UP dari dana Pertolongan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) yang didapat dari Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud).

Buat beberapa mahasiswa UI program S1 reguler tahun akademik 2013/2014, baik yang lulus lewat SNMPTN, SBMPTN atau SIMAK UI, cuma dipakai cost uang kuliah atau Cost Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) sebesar Rp100.000 sampai Rp5 juta untuk jurusan IPS atau Rp100.0000 sampai optimal Rp7.500.000 per semester untuk jurusan IPA. Hal tersebut sesuai dengan potensi orangtua mahasiswa.

Anis bersama rombongan mengevaluasi pelaksanaan ujian yang diselenggarakan di Fakultas Hukum, Fakultas Psikologi, FISIP, Fakultas Ekonomi serta Fakultas Tehnik. Anis menyampaikan pada program S1 reguler program studi yang sangat disukai atau pendaftar ialah kedokteran sekitar 4.135 orang. Pada program S1 paralel, pendaftar paling banyak ialah program studi Pengetahuan Hukum sekitar 2.990 orang, sedang vokasi sekitar 2.045 orang.

"Menjadi bentuk prinsip UI, tahun ini kuota Baca yaitu 20 % dari keseluruhan mahasiswa baru, bekasnya jalan undangan SNMPTN 50 %, serta SBMPTN 30 %," katanya di Gedung Rektorat, Universitas UI, Depok, Minggu (22/06/2014).

Baca juga: Akreditasi Prodi POLMAN

Materi masalah yang akan diujikan pada SIMAK UI 2014 untuk program Vokasi serta Sarjana ialah potensi IPA serta potensi basic untuk grup IPA, potensi IPS serta potensi basic untuk grup IPS. Potensi IPA terbagi dalam Matematika IPA, Fisika, Kimia, Biologi, serta IPA terpadu.

Potensi basic terbagi dalam Matematika basic, Bhs Indonesia, Bhs Inggris, serta potensi IPS terbagi dalam Ekonomi, Histori, Geografi, serta IPS terpadu. Sedang materi masalah program pascasarjana serta profesi ialah Tes Kekuatan Akademik (TPA) serta Bhs Inggris.

"Kualitas lebih pada proses, lebih terevaluasi dalam proses penerimaan (in take). Kami tidak mungkin tidak miliki peranan perbaiki lulusan SMA. Proses penerimaan ialah menjadi salah satunya tools untuk menjaring yang terunggul, sedang untuk membuat lulusan yang terunggul kelak itu proses didalam improvement," tutupnya.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    39.507 Peserta Bersaing di Ujian Simak UI
      Komentar(0)