Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

Mahasiswa ITS Sabet Gelar Honorable Mention di AMUNC 2018

Tekad mencatatkan prestasi jadi semangat buat Mahasiswa Institut Tehnologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) Muhammad Afif Purwandi untuk berjuang dalam arena berprestise Asia-Pacific Jenis United Nations Conference (AMUNC) 2018 di University of New South Wales, Sidney, Australia. Dapat dibuktikan, pada pertandingan debat taraf internasional itu, Muhammad Afif Purwandi mencapai titel Honorable Mention pada Juli 2018.

Baca juga: Biaya Kuliah UNTAN - Pendaftaran UNTAN

Afif menuturkan, dalam pertandingan yang berupa simulasi sidang PBB ini, ia serta semua delegasi mesti mempresentasikan satu negara untuk berdiskusi serta diplomasi mengenai persoalan didunia. Beberapa pesertanya sendiri datang dari kampus di Asia, Kepulauan Pasifik, Australia serta Selandia Baru.

“Kami semua ada di satu ruangan pertemuan untuk sama-sama bersaing,” jelas mahasiswa Tehnik Industri itu yang dikutip dari web ITS, Senin (27/8/2018).

Pria berumur 20 tahun itu mengakui bekerja lebih keras agar bisa mencapai titel itu. Masalahnya pertandingan ini begitu ketat serta dibarengi peserta yang juga kompetitif.

“Semua peserta mempunyai potensi yang seimbang,” tegasnya selesai ikuti AMUNC yang diselenggarakan sampai Juli kemarin.

Sebelum berkunjung ke Australia, Afif serta partnernya mesti berlatih dengan teratur 2x dalam satu minggu. Saat melakukan latihan, kurang dari dua bulan, mereka mesti menghimpun materi untuk penelitian. Hal tersebut berjalan semenjak awal berlibur semester sampai hari pelaksanaan lomba.

“Kami harus juga ikuti pertandingan MUN lokal dahulu sekitar 2x untuk pemanasan,” papar mahasiswa kelahiran Madiun itu.

Waktu di tanya berkaitan masalah yang dihadapi, ia mengakui kesusahan waktu mesti lakukan penelitian pada tiga tema yang sudah dipastikan dalam AMUNC tahun ini. Hal tersebut karena biasanya lomba yang diselenggarakan di Indonesia cuma merujuk pada satu tema.

“Intinya kami mesti lakukan persiapan yang masak, keharusan kepribadian untuk membawa pulang penghargaan ” katanya.

Saat berdiplomasi, Afif memperoleh pekerjaan untuk mempresentasikan negara Portugal. Dari sana, Afif mesti bertemu lebih dari 400 delegasi lainnya untuk mengulas tema Volunteerism Impact on Sustainable Development, Preventing Regional Conflict Through Improving Water Security And Human Displacement.

Baca juga: Biaya Kuliah POLNEP - Pendaftaran POLNEP

“Lawannya cukuplah berat,” lebih pria yang menyukai berolahraga bulu tangkis itu.

Buat Afif pengalamannya ikuti AMUNC ialah yang penting dibanding titel juara. Karena ikuti lomba itu, ia serta team bisa mengasah kekuatannya dalam riset, menguatkan potensi nalar serta analisa, mendatangkan penyelesaian dalam satu permasalahan, menulis, negosiasi serta diplomasi.

“Saya mengharap supaya mahasiswa ITS juga lebih sensitif pada rumor yang mendunia,” tutupnya.

Tidak hanya Afif, ITS memberangkatkan empat delegasi lainnya pada pertandingan yang telah ada semenjak 1995 itu. Mereka ialah Alyssa Shafira Azwan, Tanesha Novilta Putri Aden, Sempurna Putra Airlangga, serta Yolanda Mustika Bohal.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Mahasiswa ITS Sabet Gelar Honorable Mention di AMUNC 2018
      Komentar(0)