Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

Arjuna UGM Tercepat di KMLI Ke-6

Perjuangan Team Mobil Listrik Arjuna, Kampus Gadjah Mada (UGM) saat enam bulan paling akhir tidak percuma. Dengan dapat tampilkan perform mobil terunggul, Arjuna UGM dinobatkan menjadi juara kelompok kecepatan pada Pertandingan Mobil Listrik Indonesia (KMLI), 14–16 November 2014 di Bandung, Jawa barat.

Mobil listrik Arjuna UGM mencatat waktu paling cepat yaitu 12 menit, 32 detik dalam meniti trek balapan sekitar 10 lap atau seputar 10 km. (km). Dalam aksinya tahun ini, Arjuna UGM bahkan juga membuat catatan kecepatan terunggul dengan laju optimal 60 km/jam.

"Mobil listrik Arjuna UGM jadi hanya satu mobil dengan catatan finis di 12 menit. Catatan ini bahkan juga memecahkan rekor catatan waktu mobil paling cepat selama enam kali penyelenggaraan KMLI sampai kini. Ini pasti jadi satu kebanggaan buat kami karena mam pu memberi yang terunggul serta mencetak kemenangan," kata Ketua Team Arjuna UGM Moch Ryan Ardiansyah, tempo hari.

Baca juga: Jurusan di POLINELA

Pada wartawan di universitas ditempat, Ryan menjelaskan, keikutsertaan Team Arjuna UGM pada KMLI tahun ini adalah yang ke-2 kalinya. Perform mobil yang sempurna itu mereka hasilkan selesai lakukan rangkaian pengembangan pada kendaraan listrik Arjuna selesai ikuti KMLI tahun kemarin. Beberapa pengembangan yang dikerjakan adalah pada tehnologi sus pense.

Arjuna UGM sekarang ini meng gu nakan rockerarm suspensi on, dimana awal mulanya team ini tidak mengadopsinya. Diluar itu, setir mobil kesempatan ini telah memakai rackandpinion steer ing dengan putaran setir 180 derajat. "Dulunya masih tetap gunakan setir manual biasa yang berputar-putar 360 derajat. Dengan setir baru, mobil pasti lebih efektif untuk dikendalikan.”

“Kami juga bereksperimen pada skema monitoring mobil lebih menyempur nakannya. Hingga putaran mobil, kecepatan mobil, suhu controller, serta tegangan aki semakin dapat ditata dengan gampang serta baik," tutur Ryan.

Team Arjuna UGM terbagi dalam 16 mahasiswa angkatan 2011, 2012, serta 2013 dari Prodi Tehnik Mesin Fakultas Tehnik serta Prodi Elektronika serta Instrumentasi Fakultas MIPA. Waktu ber pertandingan di KMLI 2014, Arjuna berkompetisi dengan 23 mobil listrik buatan mahasiswa dari 19 perguruan tinggi yang lain.

Tidak hanya memenangi kelompok kecepatan, Arjuna UGM juga dinobatkan menjadi juara 3 kelompok efisiensi pada KMLI 2014. Menurut Ryan, keseluruhan dana yang mereka butuhkan untuk membuat lagi serta memak simal kan mobil listrik Arjuna sejumlah Rp37,5 juta. Sejumlah besar dana didapatkan dari subsidi UGM yaitu Rp28 juta.Sedang bekasnya mereka tutup dengan dana pertolongan dari alumni, dan cost dari kantong sendiri.

Selain itu, pengemudi mobil listrik Arjuna UGM Basirudin Qori Wicaksono mengutarakan, perform Arjuna pada KMLI tahun ini adalah perform terunggul semenjak Arjuna dibikin. Bahkan juga kualitas Arjuna naik hampir 3x lipat dari tahun awal mulanya.

Baca juga: Jurusan di POLSRI

"Saya juga tahun lantas jadi pengemudinya, menjadi saya betul-betul dapat rasakan bedanya. Yang kesempatan ini tambah lebih baik, suspensinya ataupun maneuverinnya lebih baik dari yang tempo hari. Saya begitu suka kami semua dapat bekerja bersama serta dapat wujudkan apakah kemauan dari saya menjadi pengemudi," katanya.

Untuk KMLI tahun depan, Udin, sapaan akrab Basirudin Qori Wicaksono inginkan ada penambahan kualitas di semua tehnologi Arjuna. Penambahan itu diinginkan juga meliputi pemakaian baterei menjadi sumber listrik.

"Sam pai saat ini, Arjuna memang masih tetap gunakan aki untuk sumber listriknya karena kami belumlah dapat beli baterei. Mudah-mudahan tahun depan Arjuna telah dapat gunakan baterei," tandas Udin.

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Arjuna UGM Tercepat di KMLI Ke-6
      Komentar(0)