Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

Begini Tanggapan Iluni UI Tentang Revisi UU MD3

Pengurus Pusat Ikatan Alumni Kampus Indonesia (ILUNI UI) menilainya ketentuan Dewan Perwakilan Rakayat Republik Indonesia (DPR RI) yang sudah membuat serta mengesahkan revisi Undang-Undang MPR, DPR, DPD, serta DPRD (MD3) Februari 2018 yang lalu sudah tidak mematuhi amanat reformasi yang diperjuangkan mahasiswa pada tahun 1998.

Baca juga: Biaya Kuliah UB - Biaya UKT UB

Penilaian ILUNI UI itu di ambil sesudah membuat diskusi bulanan yang diselenggarakan Policy Centre ILUNI UI, tempo hari di Sekretariat ILUNI UI, gedung Rektorat UI lantai 2 Universitas UI Salemba Jakarta.

Ada jadi pembicara dalam diskusi itu diantaranya Ketua Policy Centre ILUNI UI Berly Martawardaya, Ketua Umum Tubuh Eksekutif Mahasiswa (BEM UI) Zaadit Taqwa, Peneliti Center for Regulation, Policy, and Governance (CRPG) M. Jibriel Avessina), serta perwakilan orang-orang Penggugat Judicial Review UU MD3 ke MK, Josua Satria,.

“Dengan disahkannya UU MD3, DPR sudah tidak mematuhi apa yang telah ditulis di undang-undang, dengan membatasi orang dalam keluarkan gagasannya, ” tegas Ketua BEM UI Zaadit Taqwa dalam tayangan persnya.

Selanjutnya Zaadit menerangkan hal tersebut bertentangan dengan pasal 28 E ayat 3 yang berbunyi “ kebebasan berserikat, berkumpul serta memiliki pendapat “ serta pasal 28 I ayat 4 yakni “perlindungan, pemajuan serta penegakan HAM yaitu tanggung jawab negara dalam hal semacam ini pemerintah.

Ketika peluang itu, Ketua umum BEM yang sempat memberi kartu kuning pada Presiden Jokowi, juga mengkritik bunyi pasal di UU MD3 terutama pasal 245 yang mengatakan, pemanggilan Anggota DPR RI yang terindikasi lakukan pelanggaran hukum, oleh pihak aparat hukum, tetapi mesti memperoleh kesepakatan presiden serta Majelis Kehormatan Dewan (MKD). Walau sebenarnya pasal itu sempat tidak diterima oleh MK (Mahkamah Konstitusi).

Baca juga: Biaya Kuliah UM - Biaya UKT UM

Ketua Policy Centre ILUNI UI Berly Martawardaya, lihat masalah disahkannya revisi UU MD3 mempunyai efek yang luas di orang-orang. Karenanya butuh diskusi serta kajian yang terus-terusan.

Hal semacam ini supaya kehidupan demokrasi bisa selalu berjalan di orang-orang, tanpa ada butuh takut dipidanakan

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Begini Tanggapan Iluni UI Tentang Revisi UU MD3
      Komentar(0)