Membahas mengenai informasi seputar kehidupan kampus di Indonesia

Universitas di Selandia Baru Bantah Dukung Kelompok Separatis Papua

Satu diantara kampus di Selandia Baru Victoria University of Wellington (VUW) menyatakan tidak sempat mensupport tiap-tiap tindakan kampanye yang dikerjakan oleh grup separatis Papua.

Hal tersebut di sampaikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya selesai berjumpa dengan Grant Guilford, Vice Chancellor VUW pada Rabu (21/6/2017). Pernyataan resmi VUW itu di keluarkan sesudah kampus itu dipakai untuk mengadakan public moment oleh juru bicara United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda pada Mei yang lalu.

Baca juga: Biaya Kuliah UNDIP - Biaya UKT UNDIP

" Papua sudah jadi sisi dari Indonesia mulai sejak jaman penjajahan Belanda serta separatis Free Papua Benny Wenda, yaitu buronan yang sesungguhnya tidak memiliki hak bicara atas nama orang-orang Papua, " tutur Tantowi Yahya, dalam info resminya, Senin (26/6/2017).

Tantowi menyatakan maksud aktivitas itu hanya untuk kampanye separatisme. Benny Wenda dituding Tantowi banyak mengemukakan kebohongan tentang kondisi sesungguhnya di Papua dalam beberapa kampanye internasionalnya.

Disamping itu, Guilford menyebutkan universitas VUW tidak mensupport pergerakan separatisme Papua. Dia mensinyalir cuma ada satu atau dua orang dari VUW atas nama pribadi yang bersimpati pada pergerakan itu.

Rektor Victoria University, lanjut Guilford, mengutamakan tak ada support universitas VUW dengan kelembagaan pada pergerakan seperatis Papua.

Meski begitu, menurut dia, sesuai sama Undang-undang Pendidikan Selandia Baru, universitas tidak dapat melarang kebebasan civitas akademika kampus dalam mengemukakan gagasannya.

Disamping itu, dalam pertemuannya dengan Guilford, Tantowi juga mengemukakan penghargaan serta perkataan terima kasih pada VUW yang sudah membeuka mata pelajaran gamelan di New Zealand School of Music (NZSM), mulai sejak 1970-an. Mengenai hingga sekarang ini pengajaran gamelan itu masuk kurikulum New Zealand School of Music (NZSM).

Victoria University of Wellington adalah satu diantara 8 kampus negeri Selandia Baru yang makin giat menjajaki hubungan kerja pendidikan dengan bebrapa instansi pendidikan tinggi di Indonesia. Sekarang ini VUW sudah mempunyai hubungan kerja dengan UI, UGM, Instansi Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), serta Polri.

Baca juga: Biaya Kuliah BINUS

  • コメント

    名前
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Universitas di Selandia Baru Bantah Dukung Kelompok Separatis Papua
      Komentar(0)